Penyelesaian Soal Persentase oleh Siswa Kelas 5 SD IBA Palembang

Menurut para pakar matematika realistik dari Belanda yang disampaikan oleh Ibu Ratu Ilma, materi persentase merupakan materi tersulit bagi anak. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya ketika mengajar di SDIT maupun ketika mempraktekkan pendekatan realistik di SD IBA. Bisa jadi siswa dapat menghitung dengan cepat berbagai macam konversi pecahan dari pecahan biasa atau desimal menjadi persen, tetapi belum tentu siswa memahami betul makna dalam setiap materi persentase itu sendiri. Sehingga ketika siswa dihadapkan dengan soal yang berbeda variasinya, siswa belum bisa memiliki inisiatif untuk menyelesaikannya dengan caranya sendiri. Kebanyakan dari mereka baru menggunakan formula atau rumus yang telah diberikan oleh guru. Berikut saya kutipkan presentasi pengalaman saya ketika menginterview siswa yang sedang menyelesaikan salah satu soal dalam persentase. Karena sebelumnya siswa baru satu kali diajarkan tentang materi persentase dengan pendekatan realistik maka siswa cenderung masih menggunakan formula seperti yang biasa ditemukan di buku paket.

http://www.scribd.com/doc/180102029/Percentage-Problem-Solving-ppsx

Pada tulisan berikutnya, insyaAllah saya akan berikan contoh penyelesaian soal pecahan dimana siswa tidak menggunakan rumus yang tersedia, tetapi dengan caranya sendiri menyelesaikan soal pecahan tersebut.

Terima kasih, semoga bermanfaat….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s