Contoh Soal Statistik, Geometri, dan Bilangan dengan Konteks Purworejo

Pembelajaran yang bermakna merupakan pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara supaya pembelajaran menjadi bermakna, sesuai dengan salah satu ciri khas PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) yaitu penggunaan konteks yang berkaitan dengan kehidupan dan budaya di sekitar siswa. Untuk mengajarkan matematika bagi siswa siswi yang berada di daerah Purworejo, guru dapat menggunakan potensi dan budaya Purworejo sebagai konteks dalam pembelajaran.

Purworejo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir pantai selatan Jawa. Daerah ini memiliki banyak potensi, mulai dari potensi alam seperti pantai dan curug, tari-tarian seperti Tari Dolalak, Bedug Kyai Bagelen  atau Bedug Pendawa sebagai bedug tertua dan terbesar, serta berbagai macam makanan khas yang mengundang selera. Dengan menjadikan potensi dan budaya tersebut sebagai konteks dalam pembelajaran, hal ini tidak hanya menjadikan pembelajaran semakin bermakna tetapi juga dapat meneruskan dan menjaga warisan budaya setempat.

Contoh :

SOAL STATISTIK

context 1Pada Peringatan Hardiknas Tahun 2009, siswa siswi perwakilan dari 16 kecamatan di Purworejo mementaskan Tari Dolalak secara massal di Alun-alun Purworejo. Saat itu tercatat bahwa setiap kecamatan  rata-rata mengirimkan 1.000 orang siswa. Jika Kecamatan Kutoarjo tidak mengirimkan perwakilan siswanya, maka rata-rata jumlah perwakilan tiap kecamatan hanya 965 orang siswa. Berapa orang siswa yang menjadi perwakilan dari Kecamatan Kutoarjo?

Jawaban : 1.525 siswa

Pembahasan :

Total jumlah penari dolalak dari 16 kecamatan  = 16 x 1.000 = 16.000

Total jumlah penari dolalak tanpa perwakilan dari Kutoarjo = 15 x 965       = 14.475

Jumlah perwakilan dari Kutoarjo  = 16.000 – 14.475 = 1.525

SOAL GEOMETRI

Pada tanggal 3 Mei 1936, membran Bedug Kyai Bagelen yang awalnya terbuat dari kulit banteng diganti dengan kulit sapi benggala dan pemacek yang berasal dari Desa Winong. Sebagai bedug terbesar didunia, bedug tersebut memiliki diameter bagian depan mencapai 194 cm sedangkan diameter belakang mencapai 180 cm. Berapa luas minimal kulit sapi benggala dan pemacek untuk masing-masing membran jika dibutuhkan tambahan 15 cm untuk memasang membran pada bonggol kayunya?

context 2

Jawaban : depan 39.424 cm2, belakang 34.650 cm2

Pembahasan :

pmbhsn

SOAL BILANGAN

maknnPada acara Halal Bi Halal Karang Taruna Desa Wareng, setiap 3 orang tamu disajikan sepiring tahu pong. Setiap 4 orang tamu disajikan sepiring geblek, dan setiap 6 orang tamu disajikan sepiring Clorot. Jika semuanya ada 63 piring, berapa jumlah tamu yang hadir?

 Jawaban : 84 orang

Pembahasan :

KPK dari 3, 4, dan 6 adalah 12

soal 3

Mau tahu lebih dalam tentang :

1. Tari Dolalak,   klik ……

http://uptpdankpurworejo.wordpress.com/2013/03/14/sejarah-tari-dolalak-purworejo/

2. Bedug Tertua dan Terbesar di dunia, klik…….

http://psbgdirgantara.blogspot.com/2009/10/sejarah-bedug-agung-pendowo-purworejo.html

3. Makanan khas Purworejo, klik…..

http://purworejokedu.blogspot.com/2010/01/makanan-khas-purworejo-dan-kuliner.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s